Pameran Karya Seni Rupa

            PAMERAN KARYA SENI RUPA

Pengertian Pameran  Karya Seni Rupa

      Pameran karya seni rupa ialah kegiatan yang dilakukan oleh seniman untuk memaparkan gagasan dan ide kepada masyarakat dalam bentuk seni rupa. Pameran ini dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Pameran karya seni rupa juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antara para seniman dengan apresiator.

Tujuan Pameran Karya Seni Rupa

        Kemudian terdapat tujuan pameran karya seni rupa yang tidak kalah penting. Biasanya penyelenggaraan pameran memiliki tujuan tertentu, seperti halnya pameran yang diadakan di sekolah yang memiliki tujuan sebagai berikut :
- Memiliki tujuan sosial. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk kepentingan sosial.
- Memiliki tujuan kemanusiaan. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk mengembangkan hasil karya seni budaya, melestarikan dan membina nilai-nilai dalam masyarakat. Kemudian hasil dari pameran tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat kurang mampu, korban bencana dan lain lain.
- Memiliki tujuan komersial. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk mendatangkan keuntungan bagi penyelenggara pameran beserta senimannya. Pameran tersebut diharapkan dapat menjual hasil karya yang diciptakan tadi.   
    
Jenis-Jenis Pameran Karya Seni Rupa

1.         Pameran karya seni rupa dapat   dibedakan menurut waktu penyelenggaraannya yang meliputi pameran periodik, pameran insidental, dan pameran permanen. Berikut penjelasan masing masing jenis pameran karya seni rupa :
- Pameran Periodik
     Jenis pameran karya seni rupa yang pertama ialah pameran periodik. Pameran periodik ialah pameran yang waktu penyelenggaraannya dalam waktu tertentu namun rutin. Contohnya satu tahun sekali ataupun satu bulan sekali.
- Pameran Insidental
     Jenis pameran karya seni rupa selanjutnya ialah pameran insidental. Pameran Indsidental ialah pameran yang waktu penyelenggaraannya tidak dapat ditentukan. Jenis pameran ini diselenggarakan apabila diperlukan saja.
- Pameran Permanen
     Jenis pameran karya seni rupa yang terakhir ialah pameran permanen. Pameran permanen ialah jenis pameran yang waktu penyelenggaraannya telah ditentukan dan tempatnya juga tetap. Misalnya pameran di museum.     
(Sumber:http://materi4belajar.blogspot.com/2018/02/pameran-karya-seni-rupa-pengertian.html?m=1#)
   
2.         Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil dibedakan menjadi dua, yaitu:
-Perorangan atau pameran tunggal,     merupakan pameran yang diselenggarakan oleh perorangan dan biasanya hanya terdapat satu jenis kaya seni.
-Kelompok, merupakan pameran yang diselenggarakan oleh sebuah kelompok atau komunitas dan menampilkan banyak karya seni dari berbagai seniman.

3.         Pameran dilihat dari ragam jenis karya yang ditampilkan di bedakan menjadi 2, yaitu pameran :
- Heterogen, dimana karya seni yang ditunjukkan beragam jenis.
- Homogen, pameran yan dimaksud hanya menunjukkan atau menampilkan satu jenis karya seni.

4.         Sedangkan jenis pameran lainnya adalah :
-Pameran restospeksi, merupakan salah satu sub-jenis dari pameran perorangan. Karena pameran restospeksi ini merupakan pameran yang diadakan oleh perorangan, namun berisi mengenai perjalanan karir atau hidup dari seniman yang bersangkutan.
-Pameran Desain, merupakan pameran khusus untuk prosuk kerajinan tangan, kriya, furnitur, produk elektronik, otomotif dan masih banyak lagi.
(Sumber : https://ilmuseni.com/seni-rupa/jenis-jenis-pameran )
       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SENI DEKORATIF

SENI GRAFIS

Apresiasi dalam Seni Rupa